Daftar Artikel - TheHafiz

Upgrade Wawasan anda dengan membaca artikel dan ilmu pengetahuan.

June 18, 2020

keutamaan penghafal al-quran

1. Mendapat Kenikmatan Dunia

Menurut beberapa hadits, satu kesenangan dunia adalah hafal dengan Al-Qur’an. Dengan membiarkan Al-Qur’an, Allah senantiasa memberikan kemudahan. Bahkan Allah izinkan hambanya untuk iri pada seseorang yang diberi kesenangan hafal Al-Qur’an.

”Tidak boleh ada seseorang berkeinginan kecuali dalam dua perkara, meminta seseorang yang dituntut oleh Allah SWT Al-Qur’an kemudian membacanya sepanjang malam dan siang, jadi membaca tetangganya sambil membaca, kemudian ia berkata, ‘Andaikan saya telah memilih si fulan bertanya, jadi aku dapat dilakukan dengan si fulan dilakukan’. ”(HR. Bukhari)

2. Mendapat Pahala Kebaikan

 
 
 
 

Manfaat menghafal Al-Qur’an selanjutnya adalah menambahnya pahala kebaikan. Semua manusia berlomba untuk bisa mendapatkan pahala. Pahala inilah yang akan menghantarkan manusia ke surga. Pahala diperoleh dari kehormatan yang dilakukan selama manusia hidup. Salah satunya dengan membaca dan menghafal Al-Qur’an. Allah pun akan melipat gandakan pahala ini untuk orang-orang yang rajin.

“Barang siapa yang membaca satu huruf saja dari kitabullah maka seseorang akan mendapatkan keuntungan satu kali. Akan tetapi setiap kebaikan akan dibalas dengan kehormatannya. ” (SDM. Tirmidzi)

3. Mencerminkan Siswa Yang Memiliki Ilmu

Dapatkan yang kita bicarakan bersama orang berilmu punya nilai lebih. Karena, ilmulah yang membutuhkan seseorang. Dibandingkan harta, orang yang berilmu senantiasa punya jabatan lebih. Dalam Al-Qur’an pun, orang yang hafal Al-Qur’an sangat istimewa.

“Sebenarnya, Al Qur’an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang mendapat ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim. ” (QS Al-Ankabuut 29:49)

4. Menerima Derajat dan Wibawa yang Lebih Baik

Membaca Al-Qur’an akan membuat diri Anda lebih berilmu. Dengan demikian, orang-orang pun akan menghormati penghafal Al-Qur’an. Seorang penghafal Al-Qur’an akan disenangi, disayangi, bahkan dikagumi banyak orang. Karena, ingin mencontoh kemampuannya.

“Orang orang yang hebat dalam membaca Al-Qur’an akan selalu ditemani para malaikat pencatat yang paling dimuliakan da taat pada Allah SWT dan orang tua yang terbata-bata membaca Al-Qur’an lalu bersusah payah mempelajarinya maka dia akan mendapatkan dua kali pahala,” (HR. Bukhari)

5. Menghormati Seorang Hafidz juga Disukai Allah

Dalam hal ini Allah melihat seseorang yang menyenangi dan mengagumi hafidz sama mengundang mengagungkan Allah. Artinya, dengan kekuatan Allah seorang hafidz dimampukan untuk bisa hafal banyak ayat. Demikianlah mengagumi kuasa Allah yang membentuk rahmat pada seorang penghafal Al-Qur’an.

“Sesungguhnya termasuk mengagungkan Allah menghormati orang tua yang muslim, penghafal Al-Qur’an yang tidak melampaui batas (di dalam mengamalkan dan memahaminya) dan tidak menjauhinya (enggan membaca dan mengamalkannya) dan Penguasa yang adil.” (HR. Abu Daud)

6. Hafidz Merupakan Orang-orang Terpilih

Manfaat menghafal Al-Qur’an sangat banyak bagi seorang hafidz atau orang yang fasih menghafalkan Al Qur’an. Hidayah Allah Terbukti hanya untuk orang-orang tertentu saja. Karena seorang hafal Al-Qur’an, mereka juga adalah orang-orang pilihan Allah.

“Sesungguhnya Allah memiliki keluarga di antara manusia, para sahabat bertanya,“ Siapakah mereka ya Rasulullah?” Rasul menjawab, “Para ahli Al-Qur’an. Merekalah keluarga Allah dan pilihan-pilihan-Nya. ” (HR. Ahmad)

7. Mendapat Perlindungan dan Rahmat Lewat Malaikat

Allah sangat menyukai orang-orang yang menerima Al-Qur’an dalam dirinya. Membaca dengan membaca dan menghafalnya. Lebih dari banyaknya isi dan mengamalkannya. Allah memberi perhatian khusus untuk orang-orang ini. Allah melindungi mereka dari kejahatan. Selain itu juga melimpahkan banyak rahmat bagi mereka.

”Ketika para muslim beribadah di masjid masjid allah dan mereka membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya, maka akan datang kepada mereka ketentraman, rahmat allah dan memakai malaikat malaikat dan allah memanggil mereka dihubungi di sana yang didekatnya.”

8. Al-Qur’an Menjadi Syafa’at (Penolong) bagi para pembaca

Membaca Al-Qur’an bisa menyelamatkan kita di akhirat. Al-Qur’an akan menolong dan menemani setelah hidup berakhir. Bahkan sampai mati pun, seorang yang dekat dengan Al-Qur’an akan menerima kemuliaan.

“Bacalah Al-Qur’an karena pada hari kiamat nanti akan datang memberikan syafaat yang baik bagi pembacanya.” (HR. Muslim)

9. Memperoleh Mahkota Kemuliaan yang disebut dengan Tahjul Karomah

Manfaat menghafal Al-Qur’an selanjutnya adalah memperoleh mahkota kemuliaan atau Tahjul Karomah. Penghargaan ini datangnya langsung dari Allah. Merekalah orang-orang terpilih yang dapat lulus ujian di dunia yang hanya sementara. Mereka dianggap berhasil lulus dari semua percobaan duniawi.

Mereka akan berbicara, “Di mana orang-orang yang tidak terlena oleh menggembala kambing dari membaca kitabku?” Maka berdirilah mereka dan dipakaikan kepada salah satu mereka mahkota kemuliaan, diberikan kemenangan dengan tangan kanan dan kekekalan dengan tangan kirinya. (HR. At-Tabrani) []