cara meningkatkan hafalan

Meluruskan Niat dan Sholat Hajat

1. Meluruskan Niat

Sebelum memulai menghafal Al Qur'an, niat menjadi hal yang paling utama. Niat yang benar itu merupakan salah satu syarat cara menghafal Alquran. Niatkan menghafal Al Qur'an untuk beribadah dan ingin mendapatkan pahala terbaik di sisi Allah.

Jangan sampai niat untuk menghafal salah dan hindari terjerumus pada riya'. Dengan niat yang lurus dan hati ikhlas karena Allah maka rasa lelah, malas, dan perasaan sulit tidak akan jadi penghalang dalam menghafal Al Qur'an.

2. Melaksanakan Sholat Hajat

Setelah meluruskan niat, cara menghafal Al Qur'an dengan mudah selanjutnya adalah melaksanakan sholat hajat. Mohon kepada Allah agar dimudahkan saat proses menghafal Al Qur'an. Karena pemilik Al Qur'an adalah Allah, maka kita memohon kepada pemiliknya agar diberi kemudahan.

2 dari 8 halaman

Teguhkan Keyakinan dan Minta Doa Orang Tua

3. Meneguhkan Keyakinan

Tanamkanlah pada diri bahwa menghafal Al Qur'an itu sangat mudah, maka akan terasa mudah. Namun jika kita menanamkan pikiran bahwa menghafal Al Qur'an itu sulit, maka ia akan terasa sulit. Jadi, selalu motivasi diri sendiri agar tumbuh keyakinan bahwa cara menghafal Al Qur'an yang kita lakukan itu mudah.

4. Meminta doa kepada orang tua dan guru

Meminta doa dan mohon restu kepada orang tua dan guru menjadi hal penting lainnya sebelum menghafal Al Qur'an. Ridho dari orang tua dan guru yang kita percaya akan memberikan kemudahan dalam proses menghafal. Dukungan orang tua dan guru juga akan menambah rasa optimis dan semangat dalam menghafalkan Al Qur'an.

3 dari 8 halaman

Memperbaiki Bacaan dan Dekatkan Diri dengan Al Quran

5. Memperbaiki Bacaan

Sebelum memulai menghafal Al Qur'an, sangat penting untuk mengecek kembali kualitas bacaan yang kita miliki. Berikan waktu untuk memperbaiki bacaan Al Qur'an agar hafalan menjadi lebih sempurna dan pahala yang didapatkan semakin berlipat.

Hal ini juga perlu dilakukan agar kita terhindar dari salah dalam membaca dan membuat kekeliruan. Menghafal Alquran memang mempunyai keutamaan yang banyak, tetapi harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

6. Mengakrabkan Diri dengan Al Qur'an

Akrab dengan Al Qur'an merupakan salah satu cara menghafal Al Qur'an dengan mudah dan cepat yang paling ampuh. Perbanyak waktu untuk berinteraksi dengan Al Qur'an.

Jangan pikirkan metode menghafal Al Qur'an yang sulit terlebih dahulu, tetapi pikirkan bagaimana caranya untuk memulai membaca 5 juz per hari atau harus menghafal 1 ayat per hari.

4 dari 8 halaman

Menggunakan Mushaf yang Sama dan Pilih Metode Paling Mudah

7. Menggunakan Satu Jenis Mushaf Al Qur'an

Agar menghafal Al Qur'an menjadi lebih mudah, pastikan untuk selalu menggunakan mushaf Al Qur'an yang sama. Menggunakan mushaf yang sama akan mempermudah untuk mengingat letak ayat yang telah kita hafalkan.

Analogi menghafal Al Qur'an itu sebenarnya mirip dengan merekam gambar ke dalam memori. Sehingga bentuk mushaf itu akan memengaruhi struktur hafalan kita di memori otak.

8. Menggunakan Metode Menghafal Alquran Paling Mudah

Metode atau cara menghafal Al Qur'an sebenarnya banyak sekali. Namun sebaiknya pilihlah metode menghafal Al Qur'an yang paling mudah.

Setiap orang sangat mungkin untuk memiliki metode hafalan yang berbeda. Hal itu tergantung dari bagaiaman cara yang paling memudahkan pada masing-masing orang.

Mencari refrensi dan belajar melihat cara menghafal dari orang lain juga bisa embantu dalam menentukan metode seperti apa yang cocok untuk kita praktikkan.

5 dari 8 halaman

Disiplin Murojaah dan Tetapkan Target Hafalan

9. Sering Melakukan Murojaah (Mengulangi Bacaan)

Semakin sering mengulangi satu ayat, maka akan lebih mudah ayat tersebut melekat di dalam ingatan kita. Jangan terburu-buru menambah hafalan tanpa mengulang ayat sebelumnya berkali-kali. Hal ini untuk mengurangi risiko hilangnya hafalan tersebut.

Sangat disarankan untuk mengulang murojaah sesering mungkin agar ayat yang sudah kita hafalakan bisa melekat di ingatan kita dalam waktu yang lama.

10. Pasang Target Menghafal Al Qur'an

Sebelum menghafal Al Qur'an, akan sangat baik jika membuat target dan timeline hafalan kita. Dengan memiliki target yang jelas, kita akan lebih mudah dalam mendorong diri untuk terus semangat dalam menghafal.

Terkadang, di tengah menghafal Al Qur'an, kita biasanya mengalami kendala, seperti hafalan yang menjadi susah masuk atau malas menambah hafalan. Kalau sudah begitu, semangat kita biasanya akan berkurang. Sehingga kita merasa bahwa Al Qur'an susah untuk dihafalkan. Oleh karena itu, adanya target akan sangat membantu dalam mendisiplinkan hafalan kita.